KRI Nanggala di Dasar Laut dan Tertutup Lumpur, Sempat Terlihat Angka 402

KRI Nanggala di Dasar Laut dan Tertutup Lumpur, Sempat Terlihat Angka 402

JAKARTA - KRI Nanggala 402 berada di dasar laut perairan Bali masih diupayakan dilakukan evakuasi. Bagian besar kapal selam itu, diduga terkubur lumpur. Sementara simbol 402 dikabarkan sempat terlihat kapal milik AL Singapura MV Swift Rescue.

Namun, kapal tersebut hanya mampu mengevakuasi bagian-bagian ringan dari KRI Nanggala. KSAL Laksamana TNI Yudo Margono berharap, untuk bagian yang berat dapat diangkat Kapal SKK Migas dan milik Angkatan Laut China.

Ia menyebutkan ada beberapa komponen ringan KRI Nanggala-402 yang berhasil dievakuasi oleh kapal MV Swift Rescue sebelumnya. Komponen yang berhasil dievakuasi di antaranya hydrophone atau alat komunikasi bawah air, baju penyelamatan, dan lainnya.

Sementara itu, keberadaan jenazah awak KRI Nanggala-402 belum terlihat. Namun, MV Swift Rescue sempat melihat tulisan \'402\' di dasar laut.

\"Sampai saat ini (jenazah kru KRI Nanggala-402) belum tampak. Hanya saja sempat terlihat angka 402, karena (di dasar laut) tertutup lumpur,\" ungkap Yudo.

KSAL mengemukakan Mabes TNI tetap menyiagakan kapal-kapal perang TNI AL, termasuk kapal Singapura MV Swift Rescue, di sekitar lokasi kejadian.

TNI juga sudah bekerja sama dengan SKK Migas, yang memiliki kapal dengan kemampuan mengangkat beban di kedalaman laut 1.000 meter. Selain itu, kapal milik AL China sudah dalam perjalanan ke Indonesia untuk membantu evakuasi. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: